JAKARTA , 19 Feb 2018 – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menyesalkan terjadinya aksi perusakan fasilitas Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, yang dilakukan penonton saat pertandingan final Piala Presiden 2018 antara Persija Jakarta melawan Bali United, Sabtu (17/2) malam.

4508aa05-420d-4069-8eff-ac24b6cc446c_169

Wapres mengingatkan, bahwa sebentar lagi Indonesia memiliki event olahraga yang besar, yaitu sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 pada Agustus 2018 ini. Untuk itu, Wapres menghimbau masyarakat memelihara fasilitas olahraga yang ada.

“Ini himbauan ke seluruh masyarakat, bahwa kita akan hadapi event lebih besar (dari Piala Presiden). Jadi kita harus sama-sama menjagalah fasilitas yang ada,” kata Wapres usai menghadiri rapat persiapan Asian Games, di Gedung Inasgoc, Jakarta, Senin pagi.

Menurut Wapres, ketika ada fasilitas yang rusak seperti SUGBK yang taman dan sejumlah fasilitasnya rusak,, tentu butuh waktu memperbaikinya. “Karena taman butuh waktu, jadi bukan dilihat apa yang rusak,” tuturnya.

Sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku sedih menyaksikan penonton pertandingan final Piala Presiden 2018 melakukan perusakan terhadap fasilitas yang ada di SUGBK.

“Saat kejadian, saya sedang berada di Yogyakarta. Saya lihat melalui media, saya menangis karena renovasi venues dan kompleks GBK (Gelora Bung Karno) membutuhkan perjuangan yang tidak mudah,” kata Basuki saat mengecek fasilitas Stadion Utama GBK yang mengalami kerusakan, di Senayan, Jakarta, Senin (19/2) pagi.

Hasil gambar untuk Wapres Imbau Masyarakat Jaga Fasilitas Olahraga

Diakui Menteri PUPR, jika kerugian akibat kerusakan tersebut hanya bernilai sekitar Rp150 juta. Namun, Menteri PUPR mengingatkan bukan soal uang yang jadi masalah. Tapi ini lebih soal perilaku sebagian warga yang merusak fasilitas yang dibangun dengan pajak rakyat itu.

“Bagi saya bukan kerusakan, pasti kita perbaiki, karena ini milik kita. Ini lebih pada soal perilaku. Saya masih bertanya kok bisa kita sendiri yang merusak. Padahal ke depannya masih ada pertandingan Piala AFC dan event lainnya,” kata Basuki.

Rakor persiapan Asian Games 2018 itu dihadiri oleh Menko PMK Puan Maharani, Menpora Imam Nachrowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Ketua Pelaksana Asian Games 2018 Erick Thohir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

(IR/ES) MHI 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s