JAKARTA , 06 Apr 2018 – Walaupun Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan dan membudaya namun Presiden Joko Widodo tetap meminta agar didalam persiapan memasuki bulan Ramadan dan menghadapi Hari Raya Idulfitri 1439 H/2018M untuk implementasinya dilapangan tahun demi tahun harus semakin baik.

30226901_1632831720165008_7344762591965331898_n

Yang pertama, Presiden sekali lagi mengingatkan mengenai ketersediaan, pasokan, dan stabilitas harga untuk bahan-bahan pokok agar betul-betul mulai dihitung dari sekarang.

“Mana yang harus mulai disiapkan mulai saat ini maupun nanti mendekati di bulan Ramadan, baik yang berkaitan dengan bahan-bahan pokok, kemudian Menteri ESDM (dan) Pertamina yang berkaitan dengan ketersediaan BBM (Bahan Bakar Minyak),” kata Presiden Jokowi dalam pengantarnya pada Rapat Terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis sore.

Yang kedua, lanjut Presiden, yang berkaitan dengan persiapan sarana dan prasarana transportasi, percepatan untuk pembangunan dan perbaikan jalan dan jembatan, terutama yang berkaitan dengan jalur-jalur mudik.

Dan yang ketiga, yang berkaitan dengan sisi keamanan.  “Saya perintahkan kepada Kapolri dibantu TNI dan BIN untuk antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban selama bulan Ramadan ini betul-betul bisa kita lakukan, sehingga umat muslim bisa menjalankan ibadah dengan tenang,” tegas Presiden.

Langkah Mendag Stabilkan Harga Bahan Pokok Jelang Idulfitri 1439H

Hasil gambar untuk Mendag memberikan keterangan kepada wartawan usai Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (5/4).Mendag memberikan keterangan kepada wartawan usai Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (5/4). 

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menyampaikan kesiapan pihaknya menjaga pasokan dan stabilitas harga-harga bahan pokok dalam menghadapi bulan Ramadan dan Idulfitri 1439H/2018 sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo pada Rapat Terbatas Kamis sore.

Menurut Mendag, yang sensitif adalah beras. Namun ia mengemukakan, dari sisi harga sudah mulai menurun, seiring dengan tersedianya pasokan. Ia menargetkan minimal adalah mencapai Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Bahwa kami juga akan mengupayakan seiring dengan tersedianya pasokan di bawah HET karena supply dan demand tentu akan menentukan,” kata Mendag kepada wartawan usai Rapat Terbatas .

Untuk itu, pada pertengahan bulan ini, menurut Enggartiasto, Kementerian Perdagangan akan mewajibkan seluruh pedagang beras di pasar tradisional menjual beras medium. Apabila di daerah tersebut tidak memiliki stok beras medium, lanjut Enggar, maka pemerintah akan menyediakan yaitu melalui Bulog, dengan harga patokan yaitu Harga Eceran Tertinggi.

“Tidak ada alasan tidak ada stok dan tidak ada alasan harganya tidak mencapai itu, karena kami menyediakan kalau tidak ada,” ucap Mendag.

Kemudian minyak goreng, menurut Mendag Enggartiasto Lukita, juga tidak ada masalah, karena Kementerian Perdagangan sudah meminta dan mewajibkan seluruh produsen minyak goreng sebanyak 20% dari total produksinya harus dijual dalam kemasan sederhana Rp11.000 per liter.

“Kita mengimbau juga mereka kemasan 0,5 liter tapi harganya menjadi Rp6.000 karena biaya pengemasannya, dan minyak goreng curah Rp10.500,” sambung Mendag seraya menambahkan, dari sisi supply tidak ada gangguan, karena Kementerian Perdagangan sudah memintakan untuk mereka dari jauh-jauh hari sudah mendistribusikan.

Kemudian gula, telur, dan daging ayam, menurut Mendag, tidak ada masalah. Namun ia khawatir justru harga yang terjun bebas terlalu jauh karena supply-nya berlebih.

Impor Daging

Gambar terkait

Untuk daging, Mendag melaporkan bahwa daging beku disiapkan dengan harga Rp80.000 baik daging impor eks India maupun daging beku paha depan diimpor dari berbagai sumber, yaitu Australia, New Zealand, Meksiko, Spanyol, dan sekarang sedang dipersiapkan oleh Kementerian Pertanian melalui Dirjen PKH peninjauan dan penelitian Brazil.

Menurut Mendag, pemerintah hanya akan mengeluarkan izin impor daging paha depan dan sebagainya. “Kalau paha belakang lebih dari Rp80.000 kita tolerir kalau mau dengan Rp80.000 alhamdulillah, bagi mereka yang bersedia menjual kepada konsumen dengan harga Rp80.000, kalau tidak kami tidak keluarkan izin impor. Dan kalau tidak ada yang mau saya impor sendiri yaitu BUMN kami akan suruh impor,” tegas Mendag.

Menteri Perhubungan Budi K. Sumadi memberi keterangan kepada wartawan usai Rapat Terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (5/4) sore.

Guna kepentingan manajemen lalu lintas, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengusulkan agar cuti bersama Idulfitri tahun ini (1439H/2018M) ditambah 2 (dua) hari dari yang sudah ditentukan pemerintah, yaitu 13, 14, dan 18 Juni 2018.

“Diusulkan Kapolri liburnya ditambah tanggal 11 dan 12 karena dengan ada dua hari kejepit ini dikhawatirkan malah boros dan juga manajemen lalu lintasnya hanya 2 libur itu agak sulit,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi K. Sumadi kepada wartawan usai Rapat Terbatas.

Usulan tersebut, menurut Menhub, nantinya akan dibahas di tingkat Menko.

Sebagaimana diketahui, dalam kalender resmi pemerintah telah diumumkan bahwa cuti bersama Idulfitri 1439 akan dilaksanakan pada 13, 14, 18, dan 19 Juni. Sementara 15 dan 16 Juni merupakan hari libur Idulfitri, dan 17 Juni libur hari Minggu.

Tol Jakarta-Surabaya

Gambar terkait

Kementerian Perhubungan sendiri, menurut Budi, sudah merencanakan tanggal 13 dan 14 Juni itu melarang angkutan tiga sumbu, disamping juga pada minggu akhir pulang. “Ada beberapa hari kita juga menetapkan tanggal 28, 29, 30 sebagai angkutan berat tidak bisa beroperasi,” ungkapnya.

Menhub merekomendasi beberapa hal, diantaranya terkait banyaknya angkutan motor dan angkutan mobil, maka diusulkan mudik gratis, baik dilakukan dengan motor, bus, kereta api, maupun dengan menggunakan kapal.

“Diharapkan ini mengurangi keinginan masyarakat untuk menggunakan motor karena kita tambah jumlahnya, mendekati dua kali lipat,” kata Menhub.

Hal lain disampaikan Menhub, bahwa di mudik Lebaran kali ini karena dari Jakarta sampai Surabaya tol itu sudah terhubung walaupun di beberapa segmen Jawa Tengah dan Jawa Timur ada yang fungsional, maka preferensi masyarakat untuk menggunakan tol itu tinggi sekali.

“Jadi relevansinya kami mengatur waktu itu sangat beralasan. Dan juga kami juga menyarankan selain waktu mudiknya lebih awal, menggunakan jalur selatan juga cukup menarik dan mudik menggunakan kapal itu juga menarik,” ujar Menhub.

Selain itu, sebagaimana yang sudah dilakukan di tahun yang lalu Kementerian Perhubungan akan membuat posko di Karkolantas, dan juga posko-posko di setiap titik-titik kota-kota penting, seperti di Cirebon, Brebes, Tegal, dan Pekalongan.

Hasil gambar untuk Rapat Terbatas menghadapi Idulfitri 1439H/2018M

Rapat Terbatas itu dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Polhukam Wiranto, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko PMK Puan Maharani, Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Perhubungan Budi K. Sumadi, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menkominfo Rudiantara, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri PANRB Asman Abnur, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

(IR/FID/MRA/JL) MHI 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s