JAKARTA, MHI -Pelaksanaan debat kedua Pilpres 2019 diwarnai insiden ledakan di sekitar Parkir Timur Senayan, Jakarta. Namun, ledakan yang diketahui berasal dari petasan itu tak mempengaruhi pelaksanaan debat di Hotel Sultan yang berjarak cukup dekat dengan lokasi kejadian ,Minggu (17/2).

Suara ledakan terjadi sekitar pukul 20.10 WIB. Suara ledakan itu secara sontak menyebabkan warga yang menonton debat di sekitar Parkiran Timur Senayan panik dan berhamburan.Meski demikian, polisi memastikan tak ada korban jiwa dalam ledakan ini.
“Tidak ada korban jiwa,” kata Karopenmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di sekitar lokasi kejadian.
Dedi mengatakan saat ini polisi masih melakukan olah TKP. Maka, ia mengaku belum dapat mendetailkan peristiwa ledakan tersebut.
“Sedang dicek dulu oleh tim, nanti akan disampaikan bila sudah ada analisa dari tim,” ujar Dedi.
Ledakan ini terjadi akibat petasan yang dibuang oleh seseorang dari mobil berwarna putih.Sebelum melempar bahan peledak, terduga pelaku sempat bertanya lokasi pendukung capres.
“Iya dia dari mobil tanya, ini lokasi pendukung apa bu?” kata saksi Tina, di lokasi kejadian.
Tina yang juga mengenakan kemeja mendukung pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf, dengan santai menjawab, lokasi itu merupakan tempat pendukung Jokowi berada.
“Ini (lokasi pendukung) 01,” tambah Tina.Setelah bertanya, mobil itu melaju. Tak lama kemudian, ada benda yang dilemparkan dari dalam mobil dan ledakan pun terjadi.
“Dia kayak melempar gitu. Asapnya putih. Saya tidak merhatiin baunya, Kayak bau petasan. Sekali ledakan,” ungkap dia.
Karena jaraknya cukup dekat dengan lokasi ledakan, telinga Tina langsung berdenging. Kepalanya juga langsung pusing. Meski sempat berbincang singkat dengan terduga pelaku, Tina tak ingat betul ciri-ciri pelaku.
“Setelah itu saya lari. Saya tidak lihat ada korban,” lanjut dia.

KPU memang menyediakan tempat bagi para pendukung Jokowi dan Prabowo yang ingin melihat debat. Lokasi itu berada di kawasan Parkir Timur Senayan. Sementara, lokasi debat berada di Hotel Sultan.
KPU menyiapkan dua lokasi berbeda untuk pendukung Jokowi dan Prabowo. Jaraknya satu lokasi dengan lainnya sekitar 200 meter. Sedangkan, lokasi ledakan berada di median jalan.
Pintu VVIP menuju tempat Jokowi dan Prabowo ke arena debat tetap dijaga beberapa personel TNI-Polri. Tapi tak tampak pengamanan yang diperketat di sekitar lokasi utama debat.
Sementara, pelaksanaan debat tetap berjalan secara lancar hingga selesai.

(Sofiana/Kum) MHI Image result for media hukum indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s